Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

You Can also Receive Free Email Updates:

Powered By MDC

Perjalanan Hidupku Rasanya Bosan Belum Lulus Kuliah [UMY]

Pendidikan penting tapi bukan itu saja yang terpenting, masih banyak hal penunjang akademik harus dipenuhi. Bangku kuliah hanyalah pondasi untuk mendewasakan pemikiran dan pengetahuan yang bisa aplikatif bukan hanya sekedar meraih gelar sarjana.

Seharusnya 2 tahuan yang lalu saya sudah lulus kuliah tapi di akhir masa penyelesaian tugas akhir ada rasa kebosanan dengan rutinitas belajar formal. Kebosanan itu bukan apa apa, sudah 10 tahun hidup di lingkuangan orang lain, berpindah dari satu tempat ketempat lain. Maksudnya apa? Ah alur kehidupanku sobat, mempelajari, merintis, memperdalam ilmu pengetahuan yang katanya bisa menjadi senjata membebaskan keterbelakangan.

Sejak lulus Sekolah Dasar (SD) saya sudah tidak tinggal bersama orang tua lagi. Selepas lulus SD langsung sekolah di kecamatan Muaradua yang sekarang telah menjadi Ibu Kota Kabupaten OKU Selatan, sebuah kabupaten miskin di Sumatera Selatan. Hidup di tanah rantau tidak sampai disitu, selepas lulus sekolah MTSN 1 Muaradua melanjutkan pendidikan ke MAN 2 Palembang (padahal orang tua ingin saya sekolah di pesantren Nurul Huda Sukaraja OKU Timur).

Keberadaan saya di kota pelajar Yogyakarta saat ini tidak lebih karena ada kakak sepupu yang kuliah di jogja juga. Melirik ke belakang sebelum ke jogja untuk mengikuti SPMB, saya berangkat ke jogja sehari setelah PEMILU putaran pertama 2004 tanpa perencanaan matang. Dalam pikiran saya dari pada mengelandang di desa mending melihat dunia luar yang katanya bisa memberikan inspirasi pengetahuan unik.

SPMB adalah target utama karena orang miskin seperti saya tidak patut kuliah di swasta harus di universitas negeri dan harus mendapat beasiswa. Selepas mengikuti SPMB otak berpikir ulang tak ingin kuliah di UNY jurusan yang saya ambil pendidikan Ekonomi alias IKIP kejuruan ekonomi (apalah bahasanya) yang intinya jadi guru (mumet ngetik ini).

Berpikir kembali dan mendaftar di UIN Yogyakarta jurusan Filsafat tapi apa mau dikata pendaftaran sudah ditutup. Kembali ke kost kakak sepupu merenung kembali dan akhirnya kuliah di tempat kakak kuliah yaitu UMY dengan mengisi formulir mengambil jurusan Ekonomi Manajemen. Sehari setelah ujian di kampus tercinta besok pengumuman dan dinyatakan lulus juga.

Berawal dari kampus UMY memori terisi dengan ilmu para dosen di kampus tercinta dan bercengkraman dengan teman-teman dari berbagai penjuru negeri ini yang kuliah di kampus UMY. Sedikit mengisi hari-hari dengan berorganisasi, organisasi kampus (IMM) tanpa prestasi malah menghancurkan prestasi akademik. Kok begitu, bukankah organisasi itu bagus sebagai penopang akademik. Benar sangat bagus tapi anak desa yang hidup di rimba yang hanya punya pengalaman jadi pemimpin kecil menjadi ketua kelas dari kelas 1 s/d 5 sekolah dasar apakah mampu beradaptasi dengan manusia yang modern tapi jangan takut anda terjun di organisasi ataupun dunia politik. Tak perlu disesali perjalanan hidup yang menyesatkan dan ambil hikmahnya walau setitik. Tersesat dijalan yang benar kenapa harus di tolak ibarat ketemu bidadari saat tersesat ketika berburu rusa di hutan.

Saat ini kok sudah bisa membuat blog dan segala macam berkenaan dengan blogging. Ini cuma kecelakaan kecil saja saat seseorang mengatakan kalau orang desa saya sukarami aji itu gaptek dan tak berpendidikan. Maka dari itu mendalami blogging yang tak penting bagi kebanyakan orang dan penting bagi saya karena blogger itu bukan orang yang goblok. Padahal seorang blogger mampu menulis dan bercerita serta menginspirasi banyak orang yang membaca tulisannya.

Awal mula membuat blog pada tahun 2007, itu kata sahabat saya Mas Purba ketika chatting diawal tahun 2010, saya sich tidak tahu kalau tidak ada yang melirik profil pada blog lama My Village yang sudah lama terlantar. Serius membuat blog dengan domain sendiri di Selabung Dot Com menjadi awal ujicoba installasi wordpress sebagai flatform weblog yang saya kelola.

Blog Selabung Dot Com memang tak di urus karena hanya untuk mengamankan domain dot com tersebut agar tidak dimiliki orang lain. Sedikit menyinggung Selabung adalah nama

Jumlah Pembaca : 10084

Komentar Pengguna Facebook :

comments

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Blog Rasanya.Com :

Masukan Alamat E-Mail Anda
Setelah Itu Silahkan Periksa Email Anda Untuk Melakukan Aktifasi

Leave a Reply

Developer's By Jasa Bikin Website Admin : Ivan Syba | Follow @ivansyba
0
%d bloggers like this: