Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

You Can also Receive Free Email Updates:

Powered By MDC

Penelusuran Ke Puncak Merapi Desa Kaliurang

Artikel : Situasi Puncak Merapi Pasca Letusan dan Hujan Abu
Bencana Merapi memang masih dalam status waspada tapi modal nekat untuk ke puncak merapi akhirnya pergi ke sana juga. Berawal dari alat filter air bersih yang siap diminum memaksa saya dan kawan kawan survey lokasi untuk basecamp bantuan produksi air minum. Alat air minum siap saji ini mampu memproduksi sekitar 25.000 liter per 24 jam dengan pasokan air lancar juga.

Nah saat survey tanggal16/11/2010 bekas amukan merapi masih terlihat di jalan jalan. Saat melintas jalan Magelang debu yang berasal dari abu vulkanik merapi masih terlihat pekat. Kalau tidak memakau masker rasanya sesak napas dan rata rata pengguna jalan memakai masker. Melintas jalan Muntilan di guyur hujan lebat juga he he he akhirnya berhenti di sebuah warung yang menjual berbagai macam makanan.

Saat berteduh dari terpaan hujan, saya dan kawan kawan membeli air minuman dan makanan kecil sembari numnpang berteduh. Ketika berteduh itu pemilik warung bertanya hal ihwal tentang perjalanan kami. Singkat cerita dan ujung-ujungnya mas pemilik warung itu mengatakan ada warga tidak tersentuh bantuan. Ada apa ini? ha ha ha saya sich heran karena di depan mata saya ada posko Gulon yang besar dengan jumlah pengungsi sekitar 3 ribu. Kata mas pemilik warung itu, bahwa yang tidak tersentuh bantuan itu pengungsi mandiri alias korban masih bertahan di rumah. Lah salah sendiri kenapa nggak ngusngsi ke posko yang makan terjamin cuma tidur yang rada nggak enak.

Sedih juga sebenarnya denger cerita korban merapi yang kekurangan logistik ta[i apa mau dikata kami tak ada logistik untuk disalurkan. Sekedar menenangkan Mas tersebut saya hanya menyarankan untuk di koordinir saja oleh RT setempat dan laporkan ke Koordinator Lapangan atau pihak penanggung jawab di posko bawha ada korban tapi mengungsi secara mandiri. Ya mudah mudahan di kasih logistik.

Lanjut perjalanan dan melalui Jalan Muntilan situasi jalan licin setelah di guyur hujan dengan sekitar 5cm abu vulkanik tapi lebih tepatnya kalau itu pasir yang telah keras di atas aspal membuat jalan semakin bergelombang.

Nah saat di jalan menuju desa Kaliurang itu pepohonan menguning dan menganggas. Kebun salak rusak terkena sapuan letusan gunung merapi. Kata warga yang kami temui saat bertanya tentang nasih pohon salak yang rusak itu, katanya butuh 3 tahun untuk pulih seperti semula.

Semoga statusnya menurun dan warga bisa bangkit !

Jumlah Pembaca : 13838

Related Keyword Post :

ARTIKEL MERAPI | CONTOH ARTIKEL LOGISTIK | puncak merapi saat ini |

Komentar Pengguna Facebook :

comments

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Blog Rasanya.Com :

Masukan Alamat E-Mail Anda
Setelah Itu Silahkan Periksa Email Anda Untuk Melakukan Aktifasi

2 Responses to “Penelusuran Ke Puncak Merapi Desa Kaliurang”

  1. KD says:

    Iyah mas.. mudah-mudahan bantuan pasca letusan dan pengungsian juga masih mengalir.. karena banyak yang pada akhirnya tidak lagi memiliki rumah, pekerjaan, sandang pangan dan lain sebagainya…

    • Ivan Syba says:

      @KD, Ya semoga pariwisata di sekitar gunung merapi kembali normal juga dan membangkitkan perekonomian masyarakat yang kena dampak letusan gunung merapi.

Leave a Reply

Developer's By Jasa Bikin Website Admin : Ivan Syba | Follow @ivansyba
0
%d bloggers like this: