10 Contoh Kata Penghubung Tujuan

Berikut adalah 10 contoh penggunaan kata penghubung “tujuan” dalam kalimat:

  1. Dia belajar keras tujuannya agar bisa lulus ujian dengan nilai tinggi. (Dalam kalimat ini, “tujuannya” menunjukkan alasan atau maksud dari usaha kerasnya belajar.)
  2. Kami melakukan perundingan tujuannya untuk mencapai kesepakatan yang adil. (Penggunaan “tujuannya” di sini mengindikasikan maksud atau niat dari pelaksanaan perundingan.)
  3. Saya berlatih yoga setiap pagi supaya bisa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. (Dalam kalimat ini, “supaya” menunjukkan maksud atau tujuan dari kegiatan berlatih yoga.)
  4. Anda harus membayar tagihan ini tepat waktu supaya tidak ada denda yang dikenakan. (Penggunaan “supaya” di sini menunjukkan tujuan untuk menghindari denda dengan membayar tagihan tepat waktu.)
  5. Kami mengadakan pertemuan tujuannya untuk merancang strategi pemasaran baru. (Penggunaan “tujuannya” di sini mengindikasikan niat atau maksud dari pelaksanaan pertemuan.)
  6. Pemuda ini berjuang keras dalam kompetisi olahraga supaya dapat membawa pulang medali emas untuk negaranya. (Kata “supaya” di sini menunjukkan niat atau tujuan pemuda tersebut untuk meraih medali emas.)
  7. Dia berlatih setiap hari tujuannya untuk mencapai tingkat keterampilan yang lebih tinggi. (Kata “tujuannya” di sini menunjukkan maksud atau niat dari latihan yang dilakukannya.)
  8. Proyek ini dilaksanakan tujuannya untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. (Penggunaan “tujuannya” di sini mengindikasikan niat atau maksud dari pelaksanaan proyek.)
  9. Dia bekerja keras tujuannya agar bisa mendapatkan promosi dalam waktu dekat. (Dalam kalimat ini, “tujuannya” menunjukkan niat atau maksud dari usaha kerasnya bekerja.)
  10. Ia mencari pekerjaan tambahan supaya dapat mengumpulkan uang untuk biaya kuliahnya. (Penggunaan “supaya” di sini menunjukkan tujuan atau maksud dari pencarian pekerjaan tambahan tersebut.)(*)
Baca Juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Efektif, Ciri-ciri Struktur, dan Unsur-unsurnya