Apa yang Dimaksud Saran?

“Saran” merujuk pada rekomendasi, nasihat, atau pandangan yang diberikan untuk membantu seseorang atau kelompok dalam mengatasi suatu situasi, mencapai tujuan, atau melakukan tindakan yang lebih baik.

Saran dapat berupa ide, pendapat, atau tindakan yang dianggap bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi positif. Saran seringkali diberikan berdasarkan pengalaman, pengetahuan, atau pemahaman terhadap situasi tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saran merupakan pandangan atau anjuran terkait suatu hal yang diajukan untuk dipertimbangkan. Kalimat saran juga dikenal sebagai kalimat anjuran, yang berisi pemikiran seseorang yang ditujukan kepada orang lain.

Dra. Irene Susida W., M.Pd., dalam modul Bahasa Indonesia untuk Kelas VIII Kemdikbud, mengartikan saran sebagai pendapat, anjuran, atau usulan dengan tujuan menciptakan peningkatan atau perbaikan atas keadaan sebelumnya.

Baca Juga:  Sinonim dan Antonim dari Kata ‘Rapi’

Menurut e-book Metodologi Penelitian Ekonomi oleh H. Ahmad Luthfu, S.Ag., M.EI, saran umumnya berasal dari pemikiran yang bertujuan untuk memperbaiki suatu hal yang belum optimal. Oleh karena itu, saran diungkapkan dengan tujuan menyempurnakannya.

Kalimat saran, pada dasarnya, berisi anjuran atau solusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Karakteristik kalimat saran mencakup anjuran atau solusi terhadap suatu hal.

Pentingnya memberikan kalimat saran adalah agar isinya mengandung usulan, anjuran, atau solusi terhadap suatu hal. Dalam hal ini, saran yang bersifat anjuran atau usulan dapat dianggap sebagai solusi.

Pendapat dalam kalimat saran seringkali mencerminkan hasil pemikiran yang matang, berisi ide atau gagasan tertentu.

Kalimat saran dapat mengandung solusi atau pendapat yang berisi ide dan gagasan. Saran yang diberikan harus relevan dengan topik yang sedang dibahas, dan sifatnya lebih mengarah pada pembangunan kesempurnaan atau perbaikan objektif.

Baca Juga:  Pengertian Teks Argumentasi: Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Contoh

Meskipun saran kadang-kadang dikaitkan dengan perintah, keduanya memiliki perbedaan dalam maksud dan tujuan. Saran berisi anjuran atau solusi yang dapat dipertimbangkan, dengan tujuan untuk mengubah atau menyempurnakan suatu hal. Sementara perintah bersifat memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu atau mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak yang memberikan perintah.

Ciri Kalimat Mengandung Saran

Biasanya, ciri kalimat saran diawali dengan kata “sebaiknya” atau “seharusnya”. Lebih lanjut, adapun ciri-ciri kalimat saran adalah menggunakan kata-kata seperti berikut:

  • Menurut saya
  • Usahakan
  • Seharusnya
  • Sebaiknya
  • Alangkah baiknya
  • Lebih baik
  • Seyogyanya
  • Semestinya
  • Alangkah tepatnya (*)