Dalam Pandangan Aliran Materialis Teknologi Merupakan

Dalam pandangan aliran materialis, teknologi sering dianggap sebagai hasil dari perkembangan materi atau bahan. Aliran materialis adalah pandangan filosofis yang menekankan peran materi dan kondisi materi dalam menentukan sifat dan perkembangan segala sesuatu, termasuk masyarakat, budaya, dan teknologi.

Dalam konteks teknologi, pandangan materialis cenderung melihat perkembangan teknologi sebagai hasil dari perubahan dalam bahan-bahan dan sumber daya yang tersedia, serta hubungannya dengan struktur ekonomi dan sosial. Teknologi dianggap sebagai produk dari interaksi kompleks antara faktor-faktor materi, ekonomi, dan sosial.

Misalnya, pandangan materialis dapat mengemukakan bahwa kemajuan dalam teknologi komunikasi modern tidak hanya disebabkan oleh inovasi intelektual atau kreativitas manusia semata, tetapi juga dipengaruhi oleh perkembangan bahan-bahan seperti logam, kabel serat optik, dan sumber daya energi yang mendukung infrastruktur teknologi tersebut.

Baca Juga:  2025, China Revolusi Massal Robot Humanoid! Apa yang Harus Kita Tahu?

Pandangan materialis juga dapat menyelidiki dampak ekonomi dari teknologi, seperti bagaimana perubahan dalam produksi dan distribusi materi dapat memengaruhi perkembangan teknologi. Dengan kata lain, aliran materialis cenderung melihat teknologi sebagai fenomena yang tidak terpisah dari konteks material dan ekonomi yang mengelilinginya.(*)