10 Contoh Kata Penghubung Akibat (Konsekutif)

Berikut adalah contoh penggunaan kata penghubung “akibat” dalam kalimat:

  1. Dia terlambat bangun, akibatnya dia melewatkan bis sekolah. (Kata “akibatnya” digunakan untuk menunjukkan konsekuensi dari terlambat bangun.)
  2. Hujan deras semalam, akibatnya jalanan menjadi banjir. (Dalam kalimat ini, “akibatnya” menghubungkan hujan deras dengan konsekuensi jalanan menjadi banjir.)
  3. Mereka kehilangan kunci rumah, akibatnya mereka terjebak di luar semalaman. (Penggunaan “akibatnya” di sini menunjukkan hubungan sebab-akibat antara kehilangan kunci dan terjebak di luar.)
  4. Pencurian meningkat di daerah tersebut, akibatnya polisi meningkatkan patroli. (Dalam kalimat ini, “akibatnya” mengindikasikan tindakan yang diambil sebagai respons terhadap peningkatan kejadian pencurian.)
  5. Kegagalan dalam merencanakan dapat berakibat pada kegagalan pelaksanaan. (Dalam kalimat ini, “berakibat pada” menunjukkan hubungan sebab-akibat antara kegagalan merencanakan dan kegagalan pelaksanaan.)
  6. Dia tidak mempersiapkan presentasinya dengan baik, akibatnya dia kurang meyakinkan di depan audiens. (Dalam kalimat ini, “akibatnya” menunjukkan konsekuensi kurangnya persiapan dalam presentasi.)
  7. Pemadaman listrik tiba-tiba terjadi, akibatnya semua komputer mati dan pekerjaan tertunda. (Kata “akibatnya” digunakan untuk menunjukkan dampak atau hasil dari pemadaman listrik yang tiba-tiba.)
  8. Pohon besar tumbang karena angin kencang, akibatnya sebagian jalan tertutup. (Dalam kalimat ini, “akibatnya” menghubungkan antara tumbangnya pohon dan konsekuensi penutupan sebagian jalan.)
  9. Kenaikan suhu global telah menyebabkan perubahan iklim yang drastis; akibatnya, banyak daerah mengalami cuaca ekstrem. (Penggunaan “akibatnya” di sini menunjukkan hubungan sebab-akibat antara kenaikan suhu global, perubahan iklim, dan cuaca ekstrem.)
  10. Kurangnya perawatan rutin pada mobil dapat akibatkan kerusakan mesin yang serius. (Dalam kalimat ini, “akibatkan” mengindikasikan hubungan sebab-akibat antara kurangnya perawatan mobil dan kemungkinan kerusakan mesin yang serius.)
Baca Juga:  5 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Kata penghubung “akibat” atau disebut juga konjungsi akibat (konsekutif) sering digunakan untuk mengekspresikan hubungan sebab-akibat antara dua peristiwa atau kondisi dalam suatu kalimat.