Apa itu Bulking

Bulking adalah istilah yang digunakan dalam dunia kebugaran dan olahraga, terutama dalam konteks pembentukan tubuh dan angkat beban. Bulking merujuk pada periode waktu di mana seseorang meningkatkan asupan kalori secara signifikan dengan tujuan menambah berat badan dan massa otot. Tujuan utama dari bulking adalah untuk mendukung pertumbuhan otot dan meningkatkan kekuatan.

Selama fase bulking, seseorang biasanya fokus pada program latihan beban yang intens dan menyediakan tubuh dengan kelebihan kalori. Kelebihan kalori tersebut digunakan untuk mendukung proses pembentukan otot baru. Selain itu, protein dan nutrisi lainnya diintensifkan untuk memastikan bahwa tubuh memiliki bahan bakar yang cukup untuk pertumbuhan otot.

Baca Juga:  Apa Saja Permainan Indoor yang Menyenangkan untuk Anak

Fase bulking umumnya diikuti oleh fase cutting. Pada fase cutting, seseorang mengurangi asupan kalori dan fokus pada pembakaran lemak untuk membentuk otot yang telah diperoleh selama bulking.

Penting untuk diingat bahwa bulking bukan hanya tentang meningkatkan berat badan secara keseluruhan, tetapi tentang peningkatan massa otot sambil tetap menjaga proporsi lemak tubuh yang sehat. Program bulking yang berhasil melibatkan kombinasi nutrisi yang tepat, latihan beban, dan pemantauan progres untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sebelum memulai program bulking atau cutting, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau pelatih kebugaran untuk memastikan pendekatan yang aman dan efektif.(*)

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Inilah 10 Tujuan dan Manfaat Class Meeting