10 Makanan Khas Tegal yang Sangat TerkenalKetupat Glabed | Foto@traveloka.com

Jika Anda berpetualang di kawasan Tegal, Jawa Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kelezatan kuliner lokal yang khas.

Tegal, yang terletak di pesisir utara, menawarkan beragam hidangan lezat yang mungkin bisa memanjakan lidah Anda. Beberapa kuliner khas Tegal yang patut dicicipi antara lain:

1. Kupat Glabed

Sajian ketupat dalam kuah kuning kental glabed mirip kuah opor ayam ini tidak hanya memanjakan rasa, tetapi juga memberikan pengalaman unik. Satu piring kupat glabed menggoda dengan kupat, tempe, sayur kuning, sambal merah, dan kerupuk kuning. Jangan lewatkan sensasi lezatnya saat dinikmati bersama sate kerang, sate ayam, atau sate kikil.

2. Glotak

makanan tegal Glotak

Glotak, hidangan berbahan gembus atau tempe dari ampas tahu, menawarkan cita rasa khas dan legendaris. Diolah dengan bumbu pedas dan kaldu dari tulang ayam atau sapi, glotak menjadi sajian yang menggugah selera. Nikmati glotak bersama bubur sebagai sarapan pagi yang lezat.

3. Ketupat Bongkok

Dari Desa Bongkok di timur Tegal, hadir ketupat bongkok yang tidak hanya lezat tetapi juga unik dalam penyajiannya. Lontong sebagai pengganti ketupat, taburan tauge rebus, sambal goreng dari kerupuk mie, tempe berkuah, dan kecap manis menjadikan hidangan ini istimewa. Keunikan terletak pada mie kenyol atau kerupuk mie yang dimasak dengan bumbu pedas.

Read too:  Sayur Kenikir Manfaatnya yang Jarang Diketahui

4. Nasi Bogana

10 Makanan Khas Tegal yang Sangat Terkenal
Nasi Bogana | Foto@pergikuliner.com

Nasi bogana, hidangan khas Tegal dalam bungkusan daun pisang, menawarkan kelezatan dari nasi putih, sambal, opor ayam, telur pindang, dendeng, oseng tempe, hingga buncis. Suatu perpaduan harmonis yang bisa Anda nikmati di setiap suapan.

5. Sate Kemronyos

Sate kemronyos, sate berbahan dasar kambing yang dibakar tanpa bumbu, memberikan pengalaman berbeda dalam menikmati sate. Cocok dinikmati pada malam hari, sate ini banyak dijajakan di pinggir jalan di Kota Tegal atau Kabupaten Tegal.

6. Rujak Teplak

Rujak teplak, serupa dengan pecel, menghadirkan cita rasa yang menggugah selera. Tanpa buah, sambal rujak teplak terbuat dari singkong atau ubi yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu, diencerkan dengan air.

Read too:  Bagaimana Cara Manusia Berburu Pada Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

7. Nasi Pongkol

Nasi pongkol, nasi dibungkus daun pisang dengan menu sambal goreng tempe, mie, bihun, kacang panjang, dan sayur nangka. Cita rasa pedas dan manisnya membuatnya menjadi sarapan pagi favorit masyarakat Tegal.

8. Soto Tauco

Soto tauco Tegal, dengan racikan tauco khas, menawarkan cita rasa asam, manis, dan asin yang unik. Sajian ini disajikan dalam mangkuk kecil dengan daging suwir, tauge, bawang merah goreng, bawang prei, tauco, dan kuah soto yang lezat.

9. Es Lontrong

10 Makanan Khas Tegal yang Sangat Terkenal es lontrong
Es Lostrong | Foto@ asian food network

Es lontrong, perpaduan es serut, agar-agar, roti tawar, kacang hijau, sirup merah, dan santan, memberikan sensasi segar, gurih, dan manis. Cocok sebagai hidangan buka puasa yang menyegarkan.

10. Tahu Aci

Tahu aci, hidangan khas Tegal berbahan dasar tahu, aci, dan bumbu, menggoda selera dengan tekstur luar yang crispy dan bagian dalam yang lembut. Nikmati tahu aci sebagai camilan lezat atau oleh-oleh khas daerah ini.

Jelajahi kekayaan kuliner Tegal dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan!