Tuliskan Dua Contoh Sikap Anak yang Berbicara Santun

Berbicara santun merupakan sebuah sikap yang sangat dihargai dan dapat mencerminkan tingkat penghargaan dan kesopanan seseorang. Berikut adalah dua contoh sikap anak yang berbicara santun:

Menggunakan Kata-Kata Sopan:

  • Seorang anak yang berbicara santun akan menggunakan kata-kata sopan seperti “tolong,” “terima kasih,” “maaf,” dan sebagainya. Misalnya, ketika meminta sesuatu, anak tersebut dapat mengatakan, “Tolong, bolehkah aku meminjam pensilmu?” atau ketika menerima bantuan, dia mengucapkan, “Terima kasih banyak atas bantuannya.”

Menjaga Volume dan Intonasi Suara:

  • Anak yang berbicara santun juga memperhatikan volume dan intonasi suaranya. Mereka tidak berbicara terlalu keras atau terlalu keras, dan intonasi suara mereka sesuai dengan situasi. Misalnya, ketika memberikan tanggapan positif, anak tersebut dapat mengatakan, “Aku senang sekali bisa membantu,” dengan intonasi yang hangat dan ramah.
Read too:  6 Contoh Cerpen Persahabatan dan Kesimpulannya

Sikap anak yang berbicara santun mencakup lebih dari sekadar kata-kata, melibatkan ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan tone suara yang sesuai. Melalui sikap ini, anak dapat membangun hubungan yang positif dengan orang lain dan menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan.(*)