5 Perbedaan Pisang Ambon Hijau dengan Pisang Ambon Lumut

Pisang ambon hijau dan pisang lumut adalah dua varietas pisang yang berbeda meskipun keduanya memiliki warna kulit hijau. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  1. Varietas dan Asal: Pisang ambon hijau berasal dari keluarga pisang Ambon dan merupakan varietas pisang yang lebih umum ditemui di Indonesia. Sementara itu, pisang lumut merupakan varietas pisang yang lebih spesifik, berasal dari keluarga pisang Cavendish dan sering ditemukan di Malaysia dan Singapura.
  2. Bentuk dan Ukuran: Pisang ambon hijau cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pisang lumut. Pisang ambon hijau juga cenderung lebih ramping dan sedikit melengkung, sementara pisang lumut memiliki bentuk yang lebih besar dan bulat.
  3. Tekstur dan Kekerasan Kulit: Pisang ambon hijau memiliki tekstur kulit yang lebih tipis dan lembut, sehingga lebih mudah dikupas. Sementara itu, pisang lumut memiliki tekstur kulit yang lebih tebal dan keras, yang membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan selama transportasi dan penyimpanan.
  4. Rasa dan Aroma: Pisang ambon hijau memiliki rasa yang manis dengan sedikit keasaman dan aroma yang khas. Pisang lumut cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan aroma yang lebih kuat.
  5. Kegunaan: Pisang ambon hijau sering dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau digunakan dalam berbagai resep masakan atau kue. Pisang lumut juga dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan, tetapi seringkali lebih sering digunakan untuk dijadikan pisang goreng karena kekentalan dan kekenyalannya.
Baca Juga:  Pisang Apa yang Paling Baik untuk Kesehatan? [Jarang DIketahui]

Meskipun keduanya memiliki warna kulit hijau, perbedaan-perbedaan ini membuat pisang ambon hijau dan pisang lumut memiliki karakteristik yang unik dan digunakan untuk keperluan yang berbeda dalam kuliner dan konsumsi.