Rencana Diet dengan Pisang? Yuk, Ketahui Dulu Jumlah Kalorinya

Buat kamu yang berencana menjalani diet dengan pisang sebaiknya ketahui dahulu jumlah kalorinya. Untuk memulai program diet, penting untuk menghitung kalori dari makanan yang dikonsumsi, termasuk pisang.

Buah pisang adalah sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang sehat. Sebelum kita mengulas lebih dalam, mari kita kenali terlebih dahulu kandungan gizinya.

Menurut data dari Fat Secret Indonesia, buah pisang mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 105 kkal
  • Lemak: 0,39 gram
  • Protein: 1,29 gram
  • Karbohidrat: 26,95 gram
  • Serat: 3,1 gram
  • Gula: 14,43 gram
  • Sodium: 1 mg
  • Kalium: 422 mg

Dengan rincian tersebut, buah pisang memberikan sekitar 3% kebutuhan harian akan lemak, 4% protein, dan 93% karbohidrat.

Baca Juga:  Penyebaran Nyamuk Wolbachia, Inovasi Kurangi Penyebaran DBD di Berbagai Negara

Pisang dapat disajikan dalam berbagai cara, dan setiap pengolahan akan memberikan kontribusi yang berbeda pada jumlah kalori.

Berikut adalah penjelasan mengenai jumlah kalori pisang berdasarkan jenis dan cara pengolahannya:

  1. Pisang Goreng: Pisang yang digoreng secara umum memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi. Biasanya, pisang goreng dilapisi dengan adonan atau tepung sebelum digoreng. Menurut Nutrionix, kalori pisang goreng sekitar 378 kalori, dua kali lipat dari kalori pisang biasa.
  2. Pisang Rebus: Pisang yang direbus memiliki jumlah kalori hampir sama dengan pisang biasa, sekitar 110 kalori per buah.
  3. Pisang Ambon: Pisang Ambon, yang populer di Indonesia, memiliki jumlah kalori sekitar 97 kalori per 100 gram. Pisang Ambon juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.
  4. Pisang Sunpride: Pisang Sunpride memiliki jumlah kalori yang relatif rendah, sekitar 72–135 kalori per buah. Ini menjadi pilihan yang baik untuk program diet sehat.
Baca Juga:  9 Manfaat Pisang Susu untuk Ibu Hamil

Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kemampuannya untuk membantu dalam diet dan mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti morning sickness, diare, dan cedera otot. Dengan beragam manfaat yang ditawarkannya, pisang bisa menjadi pilihan yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh.(*)