15 Manfaat Pisang Ambon dan Ciri-cirinya Patut Diketahui, Khususnya untuk Ibu Hamil

Pisang adalah salah satu buah yang banyak disukai dan mudah ditemui di Indonesia. Berbagai jenis pisang dari berbagai daerah menunjukkan betapa suburnya tanah kita untuk pertumbuhan buah ini. Salah satu jenis yang terkenal adalah pisang ambon.

Pisang ambon mudah dikenali dari kulitnya yang berwarna hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat ketika matang. Saat dikupas, dagingnya putih kekuningan, lembut, dan manis. Tapi, selain rasanya yang lezat, pisang ambon juga punya manfaat kesehatan yang bagus.

15 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan:

  1. Sumber Energi: Pisang ambon mengandung kalori yang dapat memberi energi ekstra yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Ini juga bisa jadi camilan yang menyenangkan saat lapar.
  2. Kaya Asam Folat: Bagi ibu hamil, pisang ambon kaya akan asam folat yang penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.
  3. Mengatasi Anemia: Kandungan zat besi dalam pisang ambon membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh, mengatasi gejala anemia.
  4. Meredakan Gangguan Lambung: Jus pisang ambon dapat menetralkan asam lambung, membantu penderita gangguan usus dan lambung.
  5. Mengobati Gangguan Liver: Pisang ambon dicampur dengan madu bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan stamina bagi penderita gangguan liver.
  6. Mengurangi Risiko Diabetes: Kandungan gula sederhana dalam pisang ambon membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  7. Menurunkan Berat Badan: Pisang ambon rendah lemak dan kaya serat, cocok untuk program diet.
  8. Mengatur Tekanan Darah: Kalium dalam pisang ambon membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.
  9. Memperlancar Pencernaan: Serat dalam pisang ambon membantu pencernaan dan mencegah gangguan asam lambung.
  10. Mencegah Serangan Jantung: Kandungan antioksidan dan kalium dalam pisang ambon dapat mencegah oksidasi lemak yang bisa menyebabkan serangan jantung.
  11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin dan senyawa dalam pisang ambon bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi.
  12. Meredakan Nyeri: Pisang ambon bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengurangi nyeri ringan.
  13. Menjaga Kesehatan Mata: Kandungan Vitamin A dalam pisang ambon membantu menjaga kesehatan mata.
  14. Meningkatkan Kinerja Otak: Vitamin B dalam pisang ambon membantu menjaga aktivitas kerja sistem saraf.
  15. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres: Kandungan serotonin dan potasium dalam pisang ambon bisa membantu meningkatkan mood dan menghindari stres.
Baca Juga:  Pengertian dan Jenis Pisang Ambon: Buah Kaya Manfaat Cocok Diolah Jadi Kudapan

Efek Samping Pisang

Meskipun pisang sangat sehat, beberapa orang bisa alergi terhadapnya. Konsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan kembung dan kram perut. Orang yang menggunakan obat tertentu, seperti beta-blocker untuk tekanan darah tinggi, disarankan untuk mengonsumsi pisang dalam jumlah yang terbatas karena bisa mempengaruhi kadar kalium dalam tubuh.

Ciri-ciri Pisang Ambon

  • Kulit Buah: Hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat ketika matang.
  • Daging Buah: Putih kekuningan, manis, dan lunak.
  • Batang Tanaman: Tinggi dan besar, mencapai 2,5 – 3 meter.
  • Kadar Tepung Rendah: Cocok untuk program diet karena kandungan tepungnya rendah.
  • Warna Hijau: Meskipun matang, kulitnya tetap hijau dengan bercak cokelat.
  • Daging Kekuningan: Warna dagingnya kuning keemasan.
  • Bentuk Pisang Lurus: Panjangnya sekitar 15-17 cm dan lurus.
Baca Juga:  5 Perbedaan Pisang Ambon Hijau dengan Pisang Ambon Lumut