Rumah Adat Betawi, Penjelasan Makna Filosifisnya

Rumah Adat Betawi, Penjelasan Makna Filosifisnya

UMUMNYA, suku Betawi memiliki 3 jenis rumah adat, yaitu Rumah Kebaya, Rumah Gudang, dan Rumah Joglo. Namun yang resmi tercatat menjadi rumah ada Betawi adalah Rumah Kebaya.

Rumah kebaya adalah nama rumah adat Betawi yang memiliki ciri khas atap yang menyerupai pelana yang dilipat, dan jika dilihat dari arah samping maka lipatan-lipatan tersebut tampak seperti lipatan kebaya. Itulah yang menjadi asal-asul rumah adat Betawi – kenapa diberi nama dengan Rumah Kebaya.

Ciri lain dari rumah Kebaya adalah teras yang luas yang berguna untuk menjamu tamu dan menjadi tempat bersantainya keluarga. Tempo dulu, masyarakat betawi suka membuat sumur di depan rumahnya dan pemakaman yang berada disamping rumah. Serta dinding rumah yang terbuat dari panel-panel yang dapat dibuka dan digeser-geser ke tepinya. Hal ini dimaksudkan agar rumah terasa lebih luas.

Baca Juga:  Tari Jaipong Merupakan Tarian yang Menggambarkan?

Dari sisi fungsinya, Rumah Kebaya dapat dibedakan menjadi 2 bagian:  yaitu bagian depan bersifat semi publik, sehingga setiap orang dapat melihat betapa asri dan sejuknya rumah tersebut. Dan yang kedua adalah bagian belakang yang bersifat pribadi. Bagian ini hanya boleh dilihat atau dimasuki oleh orang-orang dekat dari pihak pemilik rumah.
Lantai teras depan yang bernama ‘gejogan’ selalu dibersihkan dan siap digunakan untuk menerima dan menghormati tamu. Gejogan dihubungkan tangga yang disakralkan oleh masyarakat betawi dengan nama ’balaksuji’, sebagai satu-satunya lokasi penting untuk mencapai rumah. Ruang berikutnya adalah kamar tamu yang dinamakan ‘paseban’. Setelah ruang tamu terdapat ruang keluarga yang berhubungan dengan dinding-dinding kamar, ruang ini dinamakan ‘pangkeng’. Selanjutnya ruang-ruang berfungsi sebagai kamar-kamar tidur dan terakhir adalah dapur yang diberi nama ‘srondoyan’.
Umumnya, rumah adat Betawi mempunyai bentuk ragam hias yang sangat spesifik. Ragam hias ini biasa dibuat untuk dinding pembatas teras, untuk hiasan dinding, dan juga digunakan untuk menutup lubang ventilasi pada dinding depan rumah..
sejarah singkat rumah adat betawi gambar dan contoh

Check Also

Rumah Adat Minangkabau (Sumatera Barat), Sejarah, Filosofi dan Penjelasannya

Rumah Adat Minangkabau (Sumatera Barat), Sejarah, Filosofi dan Penjelasannya

Rumah adat Minangkabau adalah Rumah Gadang atau Rumah Godang, atau sering disebut juga dengan sebutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *