Buah Manggis Mengandung Vitamin Apa Saja? Nih Jawabannya ....

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah buah tropis yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Manggis dikenal karena kulitnya yang keras dan berwarna ungu tua serta daging buahnya yang putih, lembut, dan berair. Buah manggis memiliki rasa manis dan asam yang unik, membuatnya populer sebagai buah yang segar dan lezat.

Buah ini terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk vitamin, mineral, serat, dan senyawa-senyawa fitokimia yang memiliki potensi manfaat kesehatan. Buah manggis juga dikenal mengandung xanthones, senyawa antioksidan yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun buah manggis umumnya dikonsumsi sebagai buah segar, namun juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti jus, saus, atau tambahan dalam makanan dan minuman. Beberapa orang juga menggunakan ekstrak buah manggis dalam bentuk suplemen untuk mendapatkan manfaat kesehatan tertentu.

Namun, penting untuk diingat bahwa sumber nutrisi terbaik tetap berasal dari konsumsi buah secara utuh sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Read too:  7 Manfaat Pisang Ambon Hijau untuk Kesehatan [Jarang Diketahui]

Berikut vitamin yang terkandung dalam buah manggis:

  1. Vitamin C:
    • Buah manggis kaya akan vitamin C, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan berperan sebagai antioksidan.
  2. Vitamin B1 (Tiamin):
    • Tiamin adalah vitamin B kompleks yang terdapat dalam buah manggis. Vitamin B1 diperlukan untuk metabolisme karbohidrat dan fungsi sistem saraf.
  3. Vitamin B2 (Riboflavin):
    • Riboflavin atau vitamin B2 juga hadir dalam buah manggis. Vitamin ini berperan dalam proses metabolisme energi dan menjaga kesehatan mata.
  4. Vitamin B6 (Piridoksin):
    • Buah manggis juga mengandung vitamin B6, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme protein, dan fungsi saraf.
  5. Vitamin B9 (Asam Folat):
    • Asam folat, atau vitamin B9, dapat ditemukan dalam buah manggis. Asam folat sangat penting selama masa kehamilan karena mendukung pertumbuhan janin dan mencegah cacat tabung saraf.
  6. Vitamin E:
    • Vitamin E, sebuah antioksidan, terdapat dalam buah manggis. Vitamin ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
Read too:  Ibu Hamil Kurang Darah Harus Makan Buah Apa? Ini Dia 10 Buah akan Membantu [Rekomendasi]

Selain vitamin-vitamin di atas, buah manggis juga mengandung berbagai senyawa aktif seperti xanthones, yang memiliki sifat antioksidan dan berbagai potensi manfaat kesehatan. Penting untuk diingat bahwa nilai nutrisi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti kematangan buah, metode pengolahan, dan penyimpanan. Mengonsumsi buah manggis sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam.(*)

  1. 8 Manfaat Buah Manggis untuk Anak
  2. 6 Manfaat Buah Manggis untuk Kulit Wajah
  3. Buah Manggis Mengandung Vitamin Apa Saja? Nih Jawabannya
  4. 10 Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil (Bumil) dan Ibu Menyusui
  5. Apa itu buah manggis